Tips Perawatan Bayi Baru Lahir

Perawatan Bayi 0 Bulan

Bayi baru lahir merupakan sosok baru yang rentan dan memerlukan perawatan yang intensif. Perawatan bayi 0 bulan memang gampang-gampang susah. Disebut gampang karena bisa dilakukan di rumah oleh ibu, dikatakan susah karena memerlukan perhatian khusus dan tepat dari ibu. Tapi jangan khawatir, insyaallah semua ibu bisa melakukannya. Pada tulisan ini saya akan berbagi sedikit mengenai perawatan pada bayi. Cara perawatan bayi baru lahir :

A. Cara Menyusui Bayi

Pada menit pertama kelahiran, lakukan inisiasi menyusu dini, yaitu meletakkan bayi diatas dada ibu saat berbaring dan membiarkan bayi mencari sendiri puting susu ibunya untuk memulai usaha menyusu. Menurut penelitian hal itu sangat bermanfaat bagi kelancaran proses laktasi dan psikologis bayi. Asi yang keluar pertama berwarna kekuningan (kolostrum) mengandung zat kekebalan yang sangat bermanfaat bagi bayi. Jangan dibuang. Berikan Asi saja selama 6 bulan. Tanayakan kepada bidan/petugas kesehatan jika Anda mengalami kesulitan saat menyusui.

B. Tindakan pada Bayi Baru Lahir

  • Jaga kebersihan selama persalinan, karena jalan lahir dan lingkungan selama persalinan sangat berpengaruh pada bayi.
  • Cegah infeksi kuman pada mata bayi, bidan akan memberikan salep mata pencegahan pada pelayanan bayi baru lahir. Selain itu bayi juga diberi suntikan Vit. K untuk mencegah perdarahan dan imunisasi Hepatitis B sebelum bayi berumur 24 jam.
  • Pada perawatan tali pusat bayi, jaga tali pusat tetap bersih, kering dan jangan dibungkus. Jika kotor bersihkan dengan air matang menggunakan kain bersih.

C. Cara Menjaga Bayi Tetap Hangat

Untuk menghindari hipotermia (suhu yang terlalu rendah) pada bayi, bayi baru bisa dimandikan setelah 6 jam kelahiran. Selalu gunakan kain kering dan hangat untuk membungkus bayi dan segera mengganti kain popok jika bayi buang air. Jika berat badan bayi kurang dari 2500 gram, lakukan metode kanguru dengan cara mendekap bayi dengan kulit menempel pada kulit ibu/ayah.

D. Pelayanan Bayi Baru Lahir

Setelah lahir, bayi minimal mendapat pelayanan kesehatan sebanyak 3 kali. Hari pertama, hari ke tiga dan minggu ke dua. Bayi akan diperiksa mengenai tanda kekuningan (ikterus) yang tidak normal, tanda infeksi atau masalah pemberian Asi. Jadi usahakan ibu membawa bayinya ke petugas kesehatan pada waktu-waktu tersebut di atas.

Semoga tulisan sederhana yang bersumber dari buku KIA dari Depkes RI ini bermanfaat :)