Permenkes Baru Bagi Bidan

Oleh: Yeyen Hendrayani

Berikut adalah peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia terbaru tentang izin dan penyelenggaraan praktik bidan di Indonesia.

Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 1464/MENKES/PER/X/2010

BAB I

KETENTUAN UMUM

Pasal 1

Dalam peraturan ini yang dimaksud dengan:

1. Bidan adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan bidan yang telah teregistrasi sesuai ketentuan perundang-undangan.

2. Fasilitas pelayanan kesehatan adalah tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan baik promotif, preventif, kuratif maupun rehabiliatif yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan/atau masyarakat.

3. Surat Tanda Registrasi, selanjutnya disingkat STR adalah bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah kepada tenaga kesehatan yang diregistrasi setelah memiliki sertifikat kompetensi.

4. Surat Izin Kerja Bidan, selanjutnya disingkat SIKB adalah bukti tertulis yang diberikan kepada Bidan yang sudah memenuhi persyaratan untuk bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

5. Surat Izin Praktik Bidan , selanjutnya disingkat SIPB adalah bukti tertulis yang diberikan kepada bidan yang sudah memenuhi persyaratan untuk menjalankan praktik bidan mandiri.

6. Standar adalah pedoman  yang harus diprgnakan sebagai petunjuk dalam menjalankan profesi yang meliputi standar pelayanan, standar profesi, dan standar pelayanan operasional prosedur.

7. Praktik mandiri adalah adalah praktik bidan swasta perorangan.

8. Organisasi profesi adalah Ikatan Bidan Indonesia (IBI)

Bersambung….

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Digg thisPin on Pinterest